Peringkat Brand HP Di Indonesia Tahun 2022

Peringkat Brand HP Di Indonesia Tahun 2022 Peringkat pertama dipegang oleh Samsung, disusul Oppo sebagai peringkat dua dan Xiaomi diperingkat tiga.
Peringkat Brand HP Di Indonesia

Peringkat Brand HP Di Indonesia, sering menjadi pertanyaan bagi pelaku pelaku distributor hanphone tanah air. Dengan mengetahui minat pasar, mereka bisa menyiapkan merk smartphone yang laris dipasaran.

Jika kita meilhat data statistik dari Statcounter, pengguna smartphone terbanyak di Indonesia menggunakan Android dengan banyak pengguna sebesar 71,52% dan disusul oleh iOS dengan jumlah pengguna sebanyak 27,83%.

Lalu bagaimana dengan market share di Indonesia? Merk HP apa yang menguasai pasar Indonesia? Daripada kalian penasaran dan hanya menebak-nebak saja, berikut simak artikel tentang peringkat Brand HP Di Indonesia 2022 berdasarkan Statcounter.

Statcounter Peringkat Brand HP Di Indonesia

Samsung (20,85%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Samsung

Samsung berada diurutan pertama. Brand smartphone yang satu ini sudah sangat dikenal di Indonesia. Ini terbukti per Agustus 2022 Samsung menguasai pasar Indonesia dengan total pengguna 20,85%. Angka ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada Agustus 2021 Samsung merajai pasar smarphone indonesia dengan angka 21,56%. Hal yang wajar bagi kami, mengingat pasaran smarphone yang begitu ketat.

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik besar dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Lee Byung-Chull di tanggal 1 Maret 1938. Perusahaan ini beroperasi pada 58 negara, salah satunya Indonesia. Basic yang lama dibidangnya ini membuat perusahaan ini terus berkembang, bahkan pekerjanya diperkirakan sudah mencapai 208.000 orang.

Oppo (20,42%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Oppo

Oppo menduduki peringkat kedua dengan jumlah market share mencapai 20,42% pada periode Agustus 2022. Oppo bersaing ketat dengan Samsung pada preiode 12 bulan terakhir. Bahkan sempat memenangkan persaingan di periode September 2021 sampai dengan Januari 2021 dan puncak kemenangnya jatuh di periode Desember 2021 dengan market share sebanyak 21,86%.

Harga yang terjangkau serta fitur kamera selfie yang baagus menjadi andalan brand yang satu ini. Bahkan dibeberapa tipe fitur flash caharge dengan desain elegan dapat menarik minat pengguna smartphone tanah air.

Oppo merupakan salah satu perusahaan elektronik yang berdiri pada tahun 2004 di Dongguan, Guangdong, Cina. Perusahaan induk dari brand ini adalah Guangdong Oplus Holdings Corp. Ltd. Pendiri dari perusahaan ini adalah Tony Chen, dan sudah memiliki karyawan kurang lebih 40.000 orang.

Xiaomi (19,22%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Xiaomi

Xiaomi berusaha menyusul diurutan ke tiga, dengan jumlah marketshare sebesar 19,22% di periode Agustus 2022 ini. Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya, Xiaomi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Puncak penurunannya terjadi pada periode Juni 2022 dengan nilai market share sebesar 18,74%.

Kenaikan ini menjadi kabar baik untuk Xiaomi dan mungkin saja akan terus mengembangkan fiturnya dan mengalahkan pesaing-pesaingnya di klas andoid.

Xiaomi sendiri merupakan perusahaan berbasis perancang sekaligus produsen elektronik yang berpusat di Beijing, Cina. Pendiri dari perusahaan ini adalah Lei Jun, Lin Bin, Zhou Guangping, Wanqiang Li, Wong Jiangji, Hong Feng, Liu De dan juga Wang Chuan.

Vivo (14,28%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Vivo

Vivo menduduki urutan ke empat di periode Agustus dengan nilai market share mencapai 14,28%. Vivo mulai naik pada periode Januari 2022 dengan nilai 15,4% dan bertahan hingga periode Agustus 2022 ini.

Vivo masih satu manajemen dengan Oppo, jadi bisa dipastikan konsep pengembangannya tidak jauh dengan saudaranya yaitu Oppo. Dengan memusatkan kameranya dan menciptakan smartphone yang murah, Vivo dan Oppo berjalan dengan baik dipasaran Indonesia.

Apple (10,46%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Apple

Apple yang dikenal dengan smarphone para sultan harus puas pada posisi ke lima pada periode Agustus 2022 ini, dengan besar nilai market share 10,46%.

Namun, jika kita melihat diperiode Agustus 2021 yang memiliki angka market share sebesar 8,79%, Apple meminikat dengan cukup signifikan diperiode sekarang ini.

Nilai ini disebabkan karena harga Apple yang masih tergolong mahal dengan pembaruan fitur yang tidak terlalu besar, sehingga nilai dari market share di Indonesia tidak naik dengan drastis.

Namun kami tidak mengungkiri, bahwa Iphone yang merupakan besutan Apple ini memiliki keamanan data yang sangat baik serta performa dan update OS lebih baik dari jenis-jenis smartphone lainnya.

Apple sendiri merupakan salah satu perusahaan raksasa di Amerika. Perusahaan ini berlokasi Cupertino, California, Amerika Serikat. Pendiri dari perusahaan ini adalah Steve Jobs, Steve Wozniak dan juga Ronald Wayne, di Los Atos, California, Amerika Serikat pada tanggal 1 April 1976.

Raelme (7,62%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Realme

Realme menduduki posisi ke enam pada periode Agustus 2022 dengan angka market share sebesar 7,62%. Nilai ini cinderung stabil, pada periode Agustus 2021 Realme memiliki nilai market share sebesar 7,11%.

Anak perusahaan Oppo ini cukup agresif dalam pemasaran di market share Indonesia. Konsep yang digunakan masih sama dengan Oppo dan juga Vivo, menyediakan smartphone murah dengan fitur yang baik.

Infinix (2,48%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Infinix

Infinix sebagai sebagai brand baru berhasil menduduki peringkat ke tujuh di periode Agustus 2022 dengan nilai market share sebesar 2,48%. Angka ini cukup naik secara signifikan jika dibandingkan dengan periode Agustus 2021 yang memiliki angka market share sebesar 1,66%.

Infinix didirikan pada tahun 2013 di Hongkong oleh perusahaan Transsion Holding. Perusahaan ini berpusat di Paris, Prancis. Target pasar mereka adalah Prancis, India, Korea, Cina, Pakistan dan bagian Asia lainnya.

Lenovo / Unknown (1,53%)

Peringkat Brand HP Di Indoneisa - Lenovo

Lenovo menjadi brand yang menduduki peringkat ke delapan pada periode Agustur 2022 dengan nilai 1,53%. Namun pada data Statcounter tertulis Unknown atau tidak kenal.

Jika kita melihat pada data Mei 2019, Lenovo pernah tercatat memiliki nilai market share sebesar 1,85%. Jadi kesimpuan kami data ini mengarah pada brand Lenovo.

Jika kita melihat statistik dari periode Agustus 2021 dengan nilai market share 1,71%, bran ini tidak mengalami kenaikan juga penurunan yang signifikan. Mungkin saja ini dikarenakan invosi yang diberkan brand lenovo masih tergolong jarang dilakukan.

Lenovo sendiri merupakan perusahaan asal Beijing, Cina yang didirikan pada 1 November 1984 oleh Liu Chuanzhi. Salah satu anak perusahaan yang terkenal adalah Motorola Mobility yang sudah tidak beroperasi di Indonesia.

Asus (0,98%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Asus

Asus harus puas dengan posisi sembilan pada periode Agustus 2022 dengan nilai market share 0,98%. Nilai ini menurun dibandingkan dengan periode sebelumnya yaitu periode Agustus 2021 dengan nilai 1,61%.

Nilai ini menurun disebabkan inovasi yang jauh dari kompetitornya serta dikenal dengan smartphone yang mudah panas. Sehingga nilai market share di tanah air terhadap Asus menurun.

Perusahaan yang berbasis di Taiwan ini lebih dikenal dengan produk yang berkaitand dengan Personal Computernya atau disingkat dengan PC. 

Huawei (0,54%)

Peringkat Brand HP Di Indonesia - Huawei

Huawei menjadi penutup pembahasan kami, brand ini berada pada posisi sepuluh di periode Agustus 2022 dengan nilai 0,54%. Jika kita melihat pada periode sebelumnya, yaitu Agustus 2021, Huawei memiliki nilai market share sebesar 0,71%. Nilai yang stagnan.

Kami mengira ini karena fitur yang kurang canggih serta chipset yang tidak tergolong moder, sehingga brand ini harus puas dengan angka market share yang kecil.

Huawei sendiri merupakan perusahaan yang berpusat di Shenzen, Guangdong, Tiongkok, Cina. Di didirikan pada tanggal 15 September 1987 oleh Ren Zhengfei.

 

Itulah 10 urutan Peringkat Brand HP Di Indonesia berdasarkan Statcounter yang bisa SoGoHalf berikan. Kalian bisa menggunakan data ini untuk memulai usaha sebagai distributor smartphone di Indonesia. Jika terdapat pertanyaan seputar artikel ini, kalian bisa tanyakan dalam kolom komentar. Terima Kasih.

Posting Komentar